Selasa, 28 September 2021

Pendekatan dalam Supervisi Akademik

 


1)      Pendekatan dalam Supervisi Akademik

Menurut Glickman,at al; (2007), bahwa untuk melakukan supervisi akademik secara efektif

diperlukan ,konsep, pendekatan, teknik-teknik dan terampil berkomunikasi.Pendekatan supervise akademik adalah tingkah laku supervisor dalam membagi tanggung jawab antara dirinya dengan guru yang sedang disupervisi untuk menganalisis dan mengambil keputusan terhadap masalah pengajaran yang dihadapi oleh guru.

1.      Pendekatan Supervisi Akademik

Pendekatan supervisi akademik terdiri atas:

a.      Pendekatan lansung( Direct Service to Teachers)

Kepala sekolah memberikan bantuan melalui komunikasi lansung kepada guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran.Pendekatan ini dapat dilakukan dengan cara direktif,kolaboratif, dan non-direktif

1)      Direktif artinya pendekatan dilakukan dengan tanggung jawab lebih banyak pada supervisor.Perilaku supervisor dalam pendekatan ini adalah :

a)      Clarifying ( menjelaskan masalah yang dihadapi guru)

b)      Presenting ( mengemukakan ide-idenya sendiri tentang informasi apa yang harus dicari oleh guru dan bagaimana cara mencarinya.

c)      Directing ( menetapkan tindakan apa yang harus diambil oleh guru berdasarkan informasi yang terkumpul)

d)     Demonstrating ( mendemonstrasikan perilaku yang harus dilakukan oleh guru)

e)      Setting The Standard ( peningkatan ditetapkan berdasarkan standard yang pasti yang ia tetapkan).

f)       Reinforcing ( member imbalan yang bersifat materi atau social)

2)      Kolaboratif  artinya dilakukan dengan tanggung jawab terbagi relative sama antara supervisor dan guru.Perilaku supervisor dalam pendekatan ini adalah:

a)      Presenting ( Mencoba mencocokkan persepsinya dengan guru tentang bidang-bidang pembelajaran yang perlu ditingkatkan )

b)      Clarifying ( Supervisor bertanya kepada guru mengenai permasalahan  yang dihadapi)

c)      Listening ( Supervisor mendengarkan dengan seksama terhadap persepsi guru)

d)      Problem Solving ( Saling member masukan tentang alternatif tindakan yang dapat diambil untuk meningkatkan pembelajaran)

e)      Negotiating ( Supervisor dan guru membahas dan memilih alternative tindakan hingga dicapai kesepakatan.

3)      Non-direktif artinya dilakukan dengan tanggung jawab lebih banyak pada guru.Perilaku supervisor dalam pendekatan ini adalah :

a)      Listening ( Supervisor mendengarkan dengan seksama penjelasan guru)

b)      Encouraging ( Mendorong guru untuk menganalisis  lebih jauh terhadap masalah yang dihadapi)

c)      Clarifying ( Mengklarifikasi masalah yang dihadapi guru dengan mengulang apa yang telah dikatakan guru)

d)     Presenting ( Memberi masukan hanya ketika guru memintanya.

e)      Problem Solving (Memberi kepercayaan kepada guru untuk memutuskan sendiri rencana tindakan yang akan diambil )

b.      Pendekatan Tak Lansung ( Indirect Service to Teachers)

Supervisi member bantuan kepada guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran melalui pihak lain : MPGP, Pelatihan dalam jabatan (In-Service Training), Konsultan/Pakar,dan Pengawas sekolah.

Penguasaan pendekatan , teknik supervisi dan terampil mengkomunikasikan hasil supervisi akademik sesuai prinsip supervisi sangat diperlukan bagi kepala sekolah.

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar