SILABUS
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/SM : 5/I
SILABUS IPA KELAS 5
No |
KOMPETENSI DASAR (KI 3) |
KOMPETENSI DASAR (KI 4) |
KBM |
1 |
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia |
4.1
Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan |
1.
Menjelaskan alat gerak hewan menggunakan media gambar dan video. 2.
Menjelaskan fungsi alat gerak hewan 3.
Menjelaskan alat gerak manusia menggunakan media gambar dan video. 4.
Menjelaskan fungsi alat gerak pada manusia 5.
Menjelaskan
cara memelihara kesehatan alat gerak manusia |
2 |
3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia |
4.2
Membuat model sederhana organ pernapasan manusia |
1.
Menjelaskan organ pernafasan pada hewan 2.
Menjelaskan fungsi organ pernafasan pada hewan
3.
Menjelaskan organ pernafasan pada manusia 4.
Menjelaskan fungsi organ pernafasan pada manusia |
3 |
3.3
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia |
4.3
Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia. |
1.
Menjelaskan organ pencernaan pada hewan 2.
Menjelaskan fungsi organ pencernaan pada hewan 3.
Menjelaskan organ pencernaan manusia 4.
Menjelaskan fungsi organ pencernaan pada manusia 5.
Menjelaskan cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia |
4 |
3.4
Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia |
4.4
Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia |
1.
Menjelaskan organ peredaran darah pada hewan 2.
Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsi organ peredaran darah pada hewan 3.
Menjelaskan organ peredaran darah dan manusia 4.
Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsi organ peredaran darah manusia . 5.
Menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia. |
5 |
3.5
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar |
4.5
Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem |
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar |
6 |
3.6
Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
4.6
Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor |
Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
7 |
3.7
Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari |
4.7
Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda |
1.
Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari 2.
Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari |
8 |
3.8
Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup |
4.8
Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber |
1.
Menganalisis siklus air pada peristiwa di bumi
2.
Menganalisis dampak siklus air pada peristiwa di bumi 3.
Menganalisis dampak siklus air pada kelangsungan mahluk hidup |
9 |
3.9
Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran) |
4.9
Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari |
Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran) |
0 komentar:
Posting Komentar