PEMETAAN KD TEMA 3 KELAS 4
Satuan
Pendidikan |
: |
..................................... |
Kelas/SM |
: |
4/1 |
Tema |
: |
3.Peduli
Terhadap Makhluk Hidup |
Sub
Tema |
: |
1.Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku |
No |
Mata
Pelajaran |
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pokok |
1 |
PKn |
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya. 2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. 1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari 3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
1.
Pengertian
hak 2.
Pengertian
kewajiban 3.
Contoh
hak sebagai warga masyarakat 4.
Contoh
kewajiban sebagai warga masyarakat |
2 |
Bahasa
Indonesia |
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui
wawancara menggunakan daftar pertanyaan. 4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulisan. |
1.
Membuat
pertanyaan untuk wawancara sesuai topik 2.
Mengajukan
pertanyaan kepada tokoh yang diwawancarai sesuai dengan topik 3.
Mencatat
hasil wawancara. 4.
Melaporkan
hasil wawancara. |
3 |
IPA |
3.1 Memahami hubungan antara bentuk dan fungsi
bagian tubuh hewan dan tumbuhan. 4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan. 3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian
sumber daya alam di lingkungannya. 4.8 Melakukan Kegiatan upaya pelestarian sumber
daya alam bersama orang-orang di lingkungannya. |
1.
Mengenal
bentuk dan fungsi tubuh hewan 2.
Mengenal
bentuk dan bagian tubuh tumbuhan 3.
Pentingnya
upaya keseimbangan SDA di lingkungannya. 4.
Pentingnya
upaya pelestarian SDA di lingkungannya. |
4 |
IPS |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/kabupaten sampai tingkat provinsi 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi |
1.
Mengidentifikasi
karakteristik ruang. 2.
Mengidentifikasi
pemanfaatan sumber daya alam sesuai karakteristik ruang. |
5 |
Matematika |
3.3.Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil
kali dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan 4.3.Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali
dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan |
1.
Melakukan
penaksiran dari jumlah dari dua bilangan cacah atau pecahan 2.
Melakukan
penaksiran dari selisih dari
dua bilangan cacah atau pecahan 3.
Melakukan
penaksiran dari hasil kali dari dua bilangan cacah atau pecahan 4.
Melakukan
penaksiran dari hasil dari dua bilangan cacah atau pecahan |
6 |
SBdP |
3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel 4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan
mozaik |
1.
Mengenal
karya seni rupa teknik tempel 2.
Membuat
karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik |
7 |
PJOK |
3.2 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*. 4.2 Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak
dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau
tradisional |
1.
Mengenal
prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor 2.
Mengenal
prosedur variasi pola gerak dasar non-lokomotor 3.
Mengenal
prosedur variasi pola gerak dan manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan
bola kecil sederhana dan atau tradisional* 4.
Mempraktikkan
prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan
bola kecil sederhana dan atau tradisional |
Mengetahui
.................,............2020
Kepala
sekolah Guru
Kelas IV
(.......................................)
(......................................)
NIP. NIP
0 komentar:
Posting Komentar