Senin, 21 September 2020

Pemetaan KD TEMA 3 Sub Tema 1 Kelas 4

 

PEMETAAN KD TEMA 3 KELAS 4

Satuan Pendidikan

:

.....................................

Kelas/SM

:

4/1

Tema

:

3.Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema

:

1.Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

 

No

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

1

PKn

1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

1.2  Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

2.2  Menerima hak dan kewajiban  sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

4.2  Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

1.      Pengertian hak

2.      Pengertian kewajiban

3.      Contoh hak sebagai warga masyarakat

4.      Contoh kewajiban sebagai warga masyarakat

2

Bahasa Indonesia

3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

4.3  Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulisan.

1.      Membuat pertanyaan untuk wawancara sesuai topik

2.      Mengajukan pertanyaan kepada tokoh yang diwawancarai sesuai dengan topik

3.      Mencatat hasil wawancara.

4.      Melaporkan hasil wawancara.

3

IPA

3.1  Memahami hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.

4.1  Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.

3.8  Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

4.8  Melakukan Kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.

1.      Mengenal bentuk dan fungsi tubuh hewan

2.      Mengenal bentuk dan bagian tubuh tumbuhan

3.      Pentingnya upaya keseimbangan SDA di lingkungannya.

4.      Pentingnya upaya pelestarian SDA di lingkungannya.

4

IPS

3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi

1.      Mengidentifikasi karakteristik ruang.

2.      Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam sesuai karakteristik ruang.

 

5

Matematika

3.3.Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan

4.3.Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan

1.      Melakukan penaksiran dari jumlah dari dua bilangan cacah atau pecahan

2.      Melakukan penaksiran dari selisih dari dua bilangan cacah atau pecahan

3.      Melakukan penaksiran dari hasil kali dari dua bilangan cacah atau pecahan

4.      Melakukan penaksiran dari hasil dari dua bilangan cacah atau pecahan

6

SBdP

3.4  Memahami karya seni rupa teknik tempel

4.4  Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik

1.      Mengenal karya seni rupa teknik tempel

2.      Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik

7

PJOK

3.2  Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*.

4.2  Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional

1.      Mengenal prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor

2.      Mengenal prosedur variasi pola gerak dasar non-lokomotor

3.      Mengenal prosedur variasi pola gerak dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional*

4.      Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional

Mengetahui                                                                                       .................,............2020

Kepala sekolah                                                                                        Guru Kelas IV

(.......................................)                                                                           (......................................)

NIP.                                                                                                    NIP

0 komentar:

Posting Komentar